BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Breaking News
Home / Beasiswa / Ketua MPR-RI Disambut Meriah, Kuliah Umum Memukau Ribuan Mahasiswa
1D3A0728

Ketua MPR-RI Disambut Meriah, Kuliah Umum Memukau Ribuan Mahasiswa

Ketua MPR-RI, Dr. (HC) Zulkifli Hasan melakukan Kuliah Umum di Kampus UNP, Jln Prof Dr Hamka sekaitan kunjungan kerja ke Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (12/12).

Kedatangan rombongan Zulkifli Hasan di Kampus UNP Air Tawar, Padang disambut tarian Galombang Pasambahan, tari tradisional Minangkabau yang biasa digelar untuk menyambut tamu terhormat. Tarian tersebut juga merupakan bentuk sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu tersebut.

Berdasarkan pantauan Zulkifli Hasan dan rombongannya terlihat menikmati sambutan tersebut. Mulai dari Tari Galombang yang dibawakan para penari laki-laki, hingga Tari Pasambahan yang ditampilkan penari perempuan. Adapun Tari Galombang merupakan gerakan tangkas seperti silat. Sedangkan Tari Pasambahan cenderung memperlihatkan gerakan anggun yang diiringi musik khas Minangkabau.

Setelah menyaksikan persembahan kedua tarian tersebut, rombongan Zulkifli Hasan  langsung bergegas menuju Auditorium yang telah penuh sesak dengan mahasiswa.

Pada kesempatan itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memberikan pandanganya terkait nasionalisme yang terjadi pada era sekarang. Di antaramya adalah rasa cinta dan bangga pada budaya daerahnya.
“Nasionalisme zaman now itu bermakna manusia Indonesia yang cinta budaya lokal daerahnya. Bangga terhadap identitas nasionalnya dan memiliki daya saing di level global,” kata Zulkifli Hasan.

Di hadapan 3000 peserta kuliah umum bertajuk Pemuda dan Nasionalisme Masa Kini, Ketua MPR juga mengingatkan agar generasi muda tak lagi mengungkit soal perbedaan suku, agama, ras, serta latar belakang lainnya. “Mempersoalkan perbedaan itu mundur ke belakang. Padahal perbedaan itu sudah selesai 72 Tahun dengan rumusan Pancasila dari Founding Fathers kita,” tukasnya di Auditorium UNP.

Sebagai bagian dari semangat Nasionalisme abad 21, Ketua MPR meminta anak anak muda optimis dan tidak kehilangan harapan. “Indonesia masa depan itu Optimisme anak anak muda hari ini. Cintai negerimu dengan terus menjadi bagian dari perbaikan. Jangan pernah putus asa,” pungkas Ketua MPR.

Kuliah Umum diselenggarakan oleh UNP yang meningkatkan kreativitas dan mendorong mahasiswa agar lebih aktif dan meningkatkan cara berpikir mahasiswa untuk lebih maju agar selalu optimis.

Usai sebagai nara sumber dalam kuliah umum tersebut, Zulkifli Hasan didapuk sebagai anggota civitas akademika kehormatan UNP, dengan penyematan PIN UNP dan sebelumnya Rektor UNP, Prof Ganefri menyerahkan cenderamata sebaliknya Ketua MPR-RI, Zulkifli Hasan juga menyerahkan cenderamata kelembagaan MPR-RI.

Interaksi Ketua MPR-RI dengan civitas akademika UNP terlihat semakain akrab pada sesi foto, usai foto bareng dengan pimpinan UNP, mahasiswa antusias berselvi dengan tokoh nasional yang disegani ini.

About Hafid Armi

Pendidikan Teknik Informatika Komputer 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>